handphone-tablet

Polres Sintang Sosialisasi Kamtibmas Di Sekolah

Sintang- Berbagai upaya untuk mengenalkan betapa pentingnya kamtibmas Polres Sintang telah melakukan berbagai terobosan diantaranya dengan merangkul pelajar,dalam hal ini gelar upacara bendera disetiap sekolah dengan menempatkan pejabat-pejabat penting dijajaran Polres Sintang.

Upacara bendera yang digelar secara serentak diwilayah hukum Polres Sintang,pada Senin,(9/10).
Untuk di masing-masing sektor akan dipimpin langsung Kapolsek setempat,sama halnya di lokasi dilapangan Sepak bola SMPN 1 Kayan Hulu Tebidah Kabupaten Sintang,Upacara tersebut dipimpin langsung Kapolsek Kayan Hulu IPTU Muhammad Rasyid.

Kapolsek Kayan Hulu IPTU Muhammad Rasyid membacakan sambutan tertulisnya, Kapolres Sintang,AKBP . Suharjimantoro,menyampaikan banyak pesan, baik bersifat imbauan maupun ajakan.

Kaitan dengan upacara bendera, dikatakanya merupakan media untuk membina kepribadian dan karakter sebagai warga negara yang baik sesuai dengan Ideologi Bangsa Indonesia, yaitu Pancasila dan Konstitusi Indonesia UUD 1945. Selain itu, merupakan media untuk menghormati para pejuang dan pahlawan yang telah gugur, demi memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Sekolah adalah tempat menimba ilmu, membangun dan membina mental kepribadian dan budi pekerti, menjalin hubungan sosial kemasyarakatan, dan membina persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu, perlu dijaga kredibilitas sekolah dengan melaksanakan program pendidikan secara baik dan benar sesuai ketentuan perundang-undangan di bidang pendidikan.”ungkapnya.

Ia mengimbau agar pelajar dapat mencegah dan menghindari diri dari perbuatan yang tidak terpuji seperti penyalahgunaan Narkoba, minuman keras, seks bebas, pornografi, phaedofilia (kekerasan seks pada anak), tawuran, kebut-kebutan di jalan dan tindak kekerasan lainnya.

Pihaknya mengaku bangga apa bila peserta didik berprestasi tinggi hingga membawa nama baik sekolah. Untuk itu, ia minta peserta didik belajar dengan tekun, disiplin, rajin dan mentaati nasehat guru.

Ia menekankan kepada para pelajar untuk memanfaatkan hari libur sekolah dipergunakan untuk hal-hal positif, seperti kegiatan seni budaya, olahraga, agama, pramuka, palang merah Indonesia dan kegiatan positif lainnya.

Dia menyampaikan bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) merupakan kebutuhan hakiki. Dia mengajak untuk bersama-sama menjaga dan memelihara Kamtibmas di lingkungan masing-masing.

“Apa bila ada tamu yang belum dikenal, jangan langsung disilahkan masuk, akan tetapi ditanyakan terlebih dahulu identitas dan maksud tujuan kedatangannya. Jika ada tamu yang hendak menginap, maka harus dilaporkan kepada ketua RT/RW setempat.”pesanya.

Pesan lainnya adalah menutup dan mengunci jendela/pintu saat hendak berpergian. Matikan kompor, mencabut kabel setrika, menutup kran air, mematikan lampu yang tidak perlu terutama adik – adik yang tinggalnya dirumah kost dan jangan menggunakan perhiasan secara berlebihan. Kenakan pakaian secara sopan, hindari jalan yang rawan kriminalitas dan cari jalan alternatif yang aman.

Bila menggunakan kendaraan, cek dahulu perlengkapan dan kondisi kendaraan. Jangan mengemudi kendaraan jika tidak memiliki SIM. Patuhi segala rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan.

Tertib belalu lintas senantiasa dilakukan baik saat ada maupun tidak ada petugas.

Utamakan keselamatan daripada kecepatan. Lebih baik terlambat sedikit tetapi selamat sampai tujuan. Daripada cepat tetapi ke kuburan. Jadilah pelopor keselamatan, keamanan dan ketertiban berlalu lintas.pungkasnya.

Upacara yang diikuti 631 peserta yang terdiri dari siswa SMP dan SMA 612 siswa,19 perwakilan dewan guru.

(sus)

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - PT Delik Media Siber

To Top