handphone-tablet

Baguna Kalbar Bantu Korban DBD Kapuas Hulu

Pontianak – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalbar kembali turun ke lapangan untuk bakti sosial, setelah dari Ketapang, Landak dan Sintang. Kali ini giliran Kapuas Hulu tepatnya di Desa Datah Diaan Kecamatan Putussibau Utara, Senin (2/10)

Menurut Kepala Baguna Provinsi Kalbar Angeline Fremalco, pihaknya membantu masyarakat di Datah Diaan dalam pemulihan pasca demam berdarah dengue (DBD).

“Kami berharap dengan adanya bakti sosial ini dapat membantu masyarakat, terutama untuk masa-masa pemulihan yang kemarin terkena DBD, kami juga memberikan vitamin dan obat cacing untuk anak-anak.” ujar Angeline.

Selain bantuan, Baguna juga mengadakan pengobatan gratis, memberikan abate dan kelambu anti nyamuk.

Disamping itu, Angeline menyarankan masyarakat Datah Diaan agar membersihkan air yang tergenang, yang dapat menjadi tempat berkembang biak jentik nyamuk Aedes, harus dilakukan seminggu sekali dan konsisten. 

Selain itu juga kata Ibu tiga anak itu agar sesuai anjuran pemerintah yakni dengan gerakan 3M, Menguras tempat-tempat penampungan air, seperti bak mandi, tempayan, ember, vas bunga, dan tempat minum burung, seminggu sekali. Kemudian Menutup rapat semua tempat penampungan air, seperti ember, gentong, dan drum. Selain itu pula mengubur semua barang bekas di sekitar rumah yang dapat menampung air hujan. Selain mengubur, dapat juga dilakukan daur ulang.

“Membunuh jentik nyamuk demam berdarah di tempat air yang sulit dikuras atau sulit air dengan menaburkan bubuk temephos (abate) atau altosid 2-3 bulan sekali dengan takaran 1 gram abate untuk 10 liter air atau 2,5 gram altosid untuk 100 liter air.” Ujar Angeline.

Istri Fransiskus Diaan itu juga berharap setiap rukun tetangga, khususnya yang berpotensi terjangkit demam berdarah, peduli pada demam berdarah. 

Selain memberikan bantuan korban bencana demam berdarah dan banjir di dua Kecamatan yakni Putussibau Utara dan Kecamatan Kalis. Baguna juga menyerahkan sumbangan beras di empat desa, yakni Nanga Lebangan, Tapaang Daan, Nanga Raon, Rantau Bumbun.

Sementara itu Eduardus Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu Desa Datah Diaan menyebutkan 
Data korban DBD desa Datah Diaan
Padua Mendalam, dari 31 penderita 2 orang dewasa ya sisanya anak-anak.

(Dri)

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - PT Delik Media Siber

To Top